Resep Kimbab untuk Biasakan Anak Makan Sayur

Resep Kimbab untuk Biasakan Anak Makan Sayur

Sudah bukan rahasia jika banyak anak kecil yang enggan untuk makan sayur. Entah karena mereka tidak terbiasa dengan rasa, tekstur, bau, hingga tidak tertarik dengan warna-warnanya. Karena itu, sebagai orang tua tentu harus memutar otak agar anak jadi mau makan sayur. Berkreasi lewat resep kimbab ala orang Korea Selatan adalah salah satu alternatif yang bisa dijajal. Apalagi jika anak juga menggemari produk budaya Korea Selatan seperti K-Pop.

Resep kimbab sederhana bisa dibuat dengan mudah di rumah

Untungnya, untuk menikmati kimbab, Anda tidak perlu selalu pergi ke restoran Korea. Pasalnya, resep kimbab dikenal sangat mudah untuk dibuat dan bisa dimodifikasi dengan berbagai jenis sayuran atau bahan sesuai selera. Berbahan utama nasi putih dan rumput laut, jenis makanan ini memang serupa dengan sushi roll khas Jepang. Bedanya, jika sushi roll menggunakan cuka untuk bumbu nasi, maka kimbab menggunakan minyak wijen untuk campuran nasinya.

Nah, seperti apa resep kimbab yang mudah dibuat di rumah dan bisa bikin anak jadi gemar makan sayur?

Resep Kimbab Sederhana Orisinal

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 cup nasi bertekstur pulen
  • 6 lembar rumput laut berukuran lebar
  • Bumbu campuran kimbab:
  • 2 ⅔ sendok makan minyak wijen
  • ⅔ sendok makan garam
  • 1 ¼ sendok teh bawang putih cincang
  • 1 ½ sendok teh gula

Bahan isian kimbab:

  • 4 ons wortel
  • 5 ons acar lobak (opsional)
  • 2 ons odeng dipotong kecil dengan lebar 1 cm
  • 4 ons bayam
  • 2 butir telur dadar yang dipotong panjang

Setelah bahan-bahan sudah siap tersedia, Anda bisa mulai membuat kimbab dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Petik daun bayam, cuci hingga bersih, dan rebus hingga matang. Jika sudah, angkat,  lalu tiriskan dan campurkan dengan minyak wijen.
  2. Potong wortel dan iris tipis sesuai dengan selera, tumis dengan menggunakan 1 sendok makan minyak goreng biasa dengan panas sedang selama 2 menit atau hingga empuk.
  3. Bilas acar lobak, lalu potong dengan tingkat ketipisan sesuai selera dan sisihkan
  4. Buat telur dadar, lalu potong dengan panjang dan ketebalan yang diinginkan
  5. Iris odeng tipis-tipis sesuai dengan selera Anda dan anak
  6. Panggang rumput laut di atas teflon jika rumput laut tersebut memang belum dipanggang.
  7. Berikan bumbu ke nasi dengan 1-2 sendok makan minyak wijen dan ¼  sendok teh garam beserta bumbu lainnya. Campurkan secara perlahan tanpa menghancurkan nasi hingga merata. Nasi sebaiknya masih agak hangat saat membuat resep kimbab.
  8. Gelar papan bambu dan letakkan rumput laut yang sudah dipanggang di atasnya. Tuang nasi secukupnya dan sebar di sepanjang roll agar jadi lebih tipis. Sisakan sedikit ruang antara nasi dan tepi lembaran rumput laut.
  9. Susun berbagai isian kimbab di bagian tengah nasi yang sudah cukup dengan
  10. Gulung kimbab mulai dari bagian ujung yang paling dekat dengan Anda, gunakan jari untuk mengamankan bahan isian kimbab. Tekan dengan perlahan agar gulungan benar-benar menyatu dan aman
  11. Lepas tikar bambu mini yang digunakan untuk menggulung dan oles rumput laut yang telah membungkus sempurna dengan minyak wijen.
  12. Siapkan pisau yang cukup tajam, lalu potong-potong kimbab menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikonsumsi dalam sekali suapan.

Kimbab akan terasa lebih nikmat jika langsung dimakan segera setelah dibuat. Meski begitu, kimbab bisa bertahan dalam suhu ruangan selama 4-6 jam. Agar terasa lebih nikmat, Anda juga bisa membuat saus cocolan kimbab dengan menggunakan kecap Jepang yang ditambah dengan irisan jahe. Jika ingin pedas cukup tambahkan bubuk cabe. Selamat mencoba!

Leave a Reply