Propolis Diamond Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Propolis Diamond Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak yang mungkin masih asing dengan bahan propolis. Padahal, propolis adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Dan, siapa sangka, propolis merupakan produk lain yang dihasilkan oleh lebah selain madu. Salah satu produk propolis yang ada dipasaran adalah propolis diamond yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagaimana propolis terbentuk? Saat lebah mengumpulkan madu, mereka juga mengumpulkan zat lain bernama zat resin atau biasa disebut propolis. Zat resin atau propolis ini biasanya berasal dari berbagai sumber botani, seperti aliran getah pada pohon. 

Getah tersebut kemudian dicampur dengan enzim dalam tubuh lebah dan akan menjadi lem yang digunakan untuk memperbaiki atau menutupi celah pada sarang lebah agar sarang terlindungi dari mikroba dan hewan pemangsa. Tidak hanya berguna untuk lebah, propolis juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia bila digunakan dalam dosis yang tepat.

Menurut beberapa penelitian, propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia yang baik untuk tubuh manusia. Salah satu senyawa tersebut adalah polifenol yang dapat berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Polifenol juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan dalam tubuh. 

Selain polifenol, senyawa lainnya dalam propolis juga dapat berperan sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiinflamasi. Studi yang dilakukan oleh Advances in Pharmacological Sciences menyatakan, kandungan dalam propolis terdiri dari 50% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak atsiri, 5% serbuk sari, dan 5% berbagai senyawa organik lainnya.

Propolis biasanya memiliki beragam warna, seperti kuning, coklat tua, coklat kehijauan, dan coklat kemerahan, tergantung pada tumbuhan atau pohon yang menghasilkan getah. Propolis juga memiliki harum wangi yang sangat khas.

Tidak hanya itu, senyawa lain yang terkandung dalam propolis juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh seperti mengatasi infeksi kulit, masalah pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, propolis banyak digunakan dalam produk-produk obatan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti propolis diamond.

Propolis diamond merupakan obat herbal yang mengandung propolis dari lebah di Selandia Baru. Propolis yang berasal dari getah tanaman dicampur dengan enzim dan menghasilkan propolis yang digunakan pada sarang lebah. 

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, propolis diamond juga dapat membantu meredakan peradangan atau nyeri dalam tubuh, serta mengurangi infeksi pada kulit. Propolis diamond juga sangat baik untuk tubuh karena dapat berperan sebagai antibakteri, antijamur, dan antioksidan. 

Jika propolis diamond digunakan secara teratur dapat memperbaiki sel-sel rusak, meningkatkan regenerasi jaringan tubuh yang mulai mengalami kerusakan, serta meredakan gejala penyakit kronis. Namun, sebelum menggunakan propolis diamond, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Pasalnya, manfaat dari propolis masih harus dikaji ulang karena studi ilmiahnya masih sangat terbatas.

Propolis juga merupakan kandungan alami yang tidak diatur oleh badan pengawasan obat nasional, seperti BPOM dan FDA di Amerika. Sehingga, tidak ada standar takaran dosis yang tepat direkomendasikan secara medis. Meski merupakan obat herbal dari bahan alami, perlu diingat tidak semua obat herbal aman digunakan. Pilihlah produk obat herbal yang sudah terdaftar di BPOM seperti propolis diamond. Saat mengkonsumsi propolis diamond juga perlu mengikuti dosis yang dianjurkan, yaitu 5 tetes setiap 3 kali perhari serta dikonsumsi selama 30 hari untuk dosis pengobatan, untuk menjaga kesehatan cukup 3 tetes untuk 2 kali sehari, serta untuk pengobatan tetanus dan demam berdarah sebanyak 60 tetes sebanyak 1 kali per hari, dikonsumsi selama 1 minggu.

Leave a Reply