Manfaat Neurovit E, Kombinasi Vitamin E dan Neurotropik

Manfaat Neurovit E, Kombinasi Vitamin E dan Neurotropik

Neurovit E

Kekurangan vitamin bisa berisiko bagi tubuh. Beberapa penyakit mungkin menyerang karena pertahanan tubuh tidak bekerja secara optimal. Terlebih bila anda kekurangan vitamin neurotropik yang berfungsi dalam menjaga kesehatan sistem saraf. 

Kurangnya vitamin dalam tubuh bisa mengakibatkan beberapa gangguan baik itu peradangan, nyeri, kekurangan darah dan lainnya. Untuk itu, vitamin harus benar-benar diperhatikan dosisnya. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin dari makanan atau suplemen tambahan. 

Seperti dengan konsumsi suplemen Neurovit E. Mengandung vitamin neurotropik dan vitamin E, suplemen tablet ini dapat mengatasi sejumlah penyakit akibat dari kekurangan vitamin neutropik dan vitamin E. Apa sajakah itu? Simak berikut ini.

Apa itu vitamin neutropik dan vitamin E dan berapa dosis hariannya bagi tubuh?

  • Vitamin B

Vitamin ini memiliki delapan vitamin esensial yang terdiri dari B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folat) dan B12 (cobalamin).

Mereka termasuk dalam vitamin neurotropik, namun tiga vitamin utama adalah vitamin B1, B6 dan B12. Tiamin membantu dalam memecah dan melepaskan energi dari makanan serta menjaga kesehatan sistem saraf. Anda membutuhkannya sekitar 1mg sehari untuk pria dan 0.8mg sehari untuk wanita.

Piridoksin membantu tubuh untuk menggunakan sekaligus menyimpan energi dari protein dan karbohidrat dalam makanan serta dalam membentuk hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pada pria, piridoksin dibutuhkan sebanyak 1,4mg sehari, sedangkan untuk wanita 1.2mg sehari.

Kobalamin akan membantu dalam membuat sel darah merah dan menjaga sistem saraf tetap sehat, melepaskan energi dari makanan, serta meningkatkan fungsi otak dan saraf. Kebutuhan kobalamin bagi orang dewasa yang berusia 19 hingga 64 tahun adalah sekitar 1,5 mikrogram vitamin ini per hari.

  • Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E akan membantu melindungi sel-sel kita dari radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah pembekuan darah. Jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh Anda adalah sekitar 4mg sehari untuk pria dan 3mg sehari untuk wanita.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin neurotropik?

Vitamin neutropik yang tidak tercukupi dengan baik dapat menyebabkan tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kekurangan vitamin neutropik memiliki gejala yang cukup berbeda satu dengan lainnya sesuai dengan vitamin mana yang mengalami defisiensi. 

Anda yang kekurangan vitamin B12 atau kobalamin ini bisa mengalami kondisi anemia megaloblastik, yaitu suatu kondisi di mana sumsum tulang menghasilkan sel darah merah besar dengan bentuk yang tidak normal dan tidak berfungsi dengan baik. 

Gangguan psikologis, seperti demensia, paranoia, depresi, dan perubahan perilaku juga dapat terjadi akibat kekurangan vitamin B satu ini. Kerusakan neurologis seringkali tidak dapat dipulihkan.

Sedangkan jika vitamin B6 tidak dalam jumlah yang cukup dalam tubuh, kemungkinan yang dapat terjadi munculnya anemia serta gangguan kulit, seperti ruam gatal atau retakan di sekitar mulut, dan dermatitis. Depresi dan kebingungan juga mungkin dapat terjadi.

Sementara defisiensi vitamin B1 dapat muncul penyakit beri-beri, terjadinya penurunan berat badan dan anoreksia, kebingungan dan kehilangan ingatan jangka pendek, otot menjadi lemah, dan gejala kardiovaskular, seperti pembesaran jantung.

Untuk vitamin E sendiri, kekurangan vitamin E dalam tubuh dapat berakibat pada kerusakan saraf dan otot yang mengakibatkan hilangnya rasa pada lengan dan kaki, kehilangan kontrol gerakan tubuh, kelemahan otot, dan masalah penglihatan. Tanda lain adalah sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Apa saja manfaat suplemen Neurovit E?

Neurofit E adalah obat yang bermanfaat mengatasi berbagai kondisi gangguan pada tubuh karena kekurangan vitamin neurotropik dan vitamin E. Obat ini termasuk dalam golongan obat biru atau obat bebas terbatas yang oleh karenanya harus memerhatikan peringatan yang tercantum. 

Neurovit E berisi vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 200 mg, dan vitamin E 50 mg yang dapat dikonsumsi satu tablet sehari. Berikut adalah deretan manfaat suplemen Neurovit E.

  • Neuritis (radang saraf perifer)
  • Neuroparalisis (kelumpuhan saraf)
  • Nyeri punggung 
  • Parestesia (gangguan perasaan kulit seperti kesemutan)
  • Astenia (lemah, tak bertenaga)
  • Neuropati (penyakit saraf)
  • Lesu dan lemah
  • Kurang semangat
  • Terapi penunjang pada penderita infeksi
  • Anemia

Penggunaan suplemen tambahan seperti Neurovit E dapat digunakan pada kondisi-kondisi seperti di atas tetapi harus ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada tenaga kesehatan tentang efek samping atau kontraindikasinya. 

Penggunaan suplemen bukanlah sebagai pengganti sumber vitamin alami yang berasal dari makanan. Untuk itu, seimbangilah dengan makanan bergizi dan sehat yang kaya akan vitamin. Penggunaan jangka panjang dan melebihi dosis juga tidak baik bagi kesehatan tubuh lainnya. Untuk itu perhatikan aturan penggunaannya.

Untuk Anda yang sudah berkonsultasi dan disarankan untuk mengonsumsi suplemen Neurovit E, Anda bisa mendapatkannya secara online di Toko SehatQ. Kunjungi tokonya sekarang melalui website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ yang bisa Anda download di App Store atau Play Store.

Leave a Reply