Lakukanlah Tes Hematologi di Laboratorium Prodia Kalimalang

Lakukanlah Tes Hematologi di Laboratorium Prodia Kalimalang

Pemeriksaan hematologi lengkap dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan tertentu yang dapat memengaruhi kondisi sel-sel darah, seperti infeksi, anemia, dan leukemia. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memantau perkembangan penyakit dan hasil pengobatan. Maka dari itu penting untuk melakukan pemeriksaan hematologic. Dan pemeriksaan hematologi ini bisa dilakukan di Laboratorium Prodia Kalimalang, Bekasi.

Tes hematologi lengkap adalah pemeriksaan darah lengkap yang meliputi penghitungan sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. Tes hematologi lengkap merupakan salah satu pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis penyakit atau memantau hasil pengobatan. 

Pemeriksaan darah lengkap atau complete blood count adalah tes darah yang dilakukan untuk mengetahui jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang ada di dalam tubuh Anda. Jumlah sel darah yang dihasilkan dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda dan memudahkan dokter untuk menentukan diagnosis maupun pengobatan. 

Saat melakukan pemeriksaan darah lengkap, ada beberapa komponen darah yang akan diukur, yaitu

  1. Sel darah putih

Jumlah yang lebih tinggi dari normal menandakan peradangan atau inflamasi, infeksi, atau gangguan kesehatan lainnya dalam tubuh. Sementara itu, jumlah sel darah putih yang lebih rendah daripada normal, bisa menandakan efek penggunaan obat-obatan, infeksi virus, atau penyakit sumsum tulang belakang.

  1. Sel darah merah

Sel darah merah atau eritrosit adalah komponen darah yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dalam pemeriksaan darah lengkap, jumlah sel darah merah biasanya tertera sebagai red blood cells (RBC). Jika jumlahnya kurang dari normal, maka tandanya Anda terkena anemia.

  1. Hematokrit

Pemeriksaan hematokrit dilakukan untuk melihat persentase sel darah merah yang terdapat pada total volume darah. Jika jumlahnya rendah, maka artinya tubuh Anda kekurangan zat besi. Sementara jika jumlahnya tinggi, artinya Anda sedang dehidrasi maupun mengalami kondisi lainnya.

  1. Mean corpuscular hemoglobin (MCH)

Nilai MCH yang lebih rendah dari normal bisa menandakan adanya anemia, celiac disease, atau kekurangan vitamin B12 maupun folat. Sementara itu, nilai MCH yang lebih tinggi dari normal dapat mengindikasikan penyakit hati, komplikasi kanker, kelenjar tiroid hiperaktif, sering minum alkohol, atau infeksi.

  1. Mean corpuscular hemoglobin concenteration (MCHC)

Jika MCH menhitung jumlah hemoglobin dalam satu sel darah merah, maka MCHC menghitung konsentrasi hemoglobin dalam volume tertentu. Jika nilai MCHC lebih rendah dari normal, maka ada indikasi bahwa Anda mengalami anemia defisiensi besi atau thalasemia. Nilai yang melebihi batas normal menandakan anemia hemolitik autoimun hingga luka bakar serius.

  1. Mean corpuscular volume (MCV)

Pada pemeriksaan MCV, akan terlihat ukuran rata-rata sel darah merah di tubuh Anda. Semakin besar ukuran sel darah merah Anda, maka nilai MCV pun semakin besar. Nilai MCV yang lebih dari normal biasanya menandakan kekurangan vitamin B12 atau folat di dalam tubuh. Jika lebih kecil dari normal, Anda bisa saja menderita anemia jenis tertentu.

  1. Platelet count

Platelet atau trombosit adalah komponen darah yang membantu proses pembekuan darah. Jika jumlah platelet lebih dari normal maka disebut trombositosis dan jika lebih rendah dari normal, maka disebut sebagai trombosiopenia.

  1. Mean platelet volume (MPV)

MPV menggambarkan ukuran rata-rata platelet. Platelet yang baru diproduksi, memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan platelet lama. Sehingga, ukuran platelet yang rata-rata lebih kecil dari normal, bisa saja menandakan gangguan produksi platelet. Sebaliknya, jika lebih besar dari normal, maka ada indikasi produksi platelet berlebih.

  1. Red blood cell distribution width (RDW)

RDW adalah jumlah variasi ukuran sel darah merah yang ada dalam sampel darah yang diambil. Jumlah RDW yang tidak normal bisa menandakan anemia, penyakit ginjal, hingga kanker kolorektal.

Jadi, begitu pentingnya untuk melakukan tes hematologi untuk memeriksakan kesehatan Anda. Dan pemeriksaan tersebut bisa dilakukan di Laboratorium Prodia Kalimalang. Jika ingin melakukan pemeriksaan, Anda bisa membuat janji dokter melalui layanan SehatQ.

Leave a Reply