4 Manfaat Komposisi pada Obat Dextral Forte

4 Manfaat Komposisi pada Obat Dextral Forte

dextral forte

Dextral Forte merupakan obat yang dapat mengatasi batuk dan flu. Flu terjadi akibat adanya infeksi virus influenza didalam tubuh, yang menyebabkan hidung tersumbat, dan bersin – bersin. Akibat adanya infeksi, tubuh memproduksi histamin untuk melawannya. Hal ini menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan sehingga terjadi batuk. Dextral Forte mengandung phenylpropylamine, dextrometorphan HBr, Chlorpheniramine Maleate, Glyseryl Guaiacolate. 4 Manfaat komposisi dari obat ini diantaranya.

Dextrometorphan HBr digunakan untuk menghilangkan batuk sementara tanpa dahak yang disebabkan oleh infeksi saluran udara tertentu. dextrometorphan HBr  biasanya tidak boleh digunakan untuk batuk berkelanjutan akibat merokok atau masalah pernapasan jangka panjang misalnya, bronkitis kronis, emfisema kecuali diarahkan oleh dokter Anda. 

Kemudian, Phenylpropanolamine digunakan untuk mengobati hidung tersumbat yang berhubungan dengan flu biasa, alergi, demam, atau penyakit pernapasan lainnya (misalnya, rinitis, sinusitis). Ini juga telah digunakan sebagai bantuan diet tanpa resep untuk menurunkan berat badan. 

Sedangkan untuk Chlorpheniramine meredakan mata merah, gatal, berair; bersin; hidung atau tenggorokan gatal dan pilek yang disebabkan oleh alergi, demam, dan flu biasa. Chlorpheniramine membantu mengontrol gejala pilek atau alergi, tetapi tidak akan mengobati penyebab gejala atau mempercepat pemulihan. Chlorpheniramine berada dalam kelas obat yang disebut antihistamin. Ia bekerja dengan memblokir aksi histamin, zat dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi.

Glyceryl guaiacolate, atau disebut juga guaifenesin, digunakan untuk mengobati batuk dan hidung tersumbat yang disebabkan flu biasa, bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya. Guaifenesin adalah obat golongan ekspektoran yang bekerja dengan mengencerkan dahak. Dahak yang lebih encer akan lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan, sehingga dapat membersihkan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.

Pilek atau flu musiman dapat memiliki berbagai gejala, jadi penting untuk menangani gejala yang tepat. Misalnya, orang dengan pilek dan sakit tenggorokan sebaiknya tidak menggunakan obat yang mengandung bahan untuk mengendalikan batuk. Batuk membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan.

Konsumen harus memastikan bahwa mereka memilih obat yang hanya mengobati gejala yang mereka alami dan menghindari minum obat yang tidak mereka butuhkan. Memahami berbagai bahan aktif dan gejala yang diobatinya dapat membantu menemukan pengobatan  yang paling sesuai.

Berikut beberapa poin penting tentang obat batuk dan pilek. 

  • Berbagai macam obat bebas tersedia untuk batuk dan pilek.
  • Perawatan gabungan menargetkan lebih dari satu gejala pada satu waktu.
  • Penting untuk mengetahui ramuan apa yang berfungsi, untuk menghindari memperburuk gejala.
  • Beberapa obat dapat berinteraksi atau memiliki efek samping, jadi penting untuk mengambil tindakan pencegahan keamanan dan membaca instruksi dengan seksama.

Penekan batuk membantu mengendalikan batuk yang terus-menerus. Ekspektoran membuat batuk lebih produktif. Berikut adalah beberapa tip keamanan untuk menggunakan obat batuk dan pilek.

  • Bacalah label dengan saksama untuk mengetahui berapa banyak yang harus dikonsumsi dan seberapa sering.
  • Periksa peringatan apa pun tentang kantuk, mengemudi, dan asupan alkohol.
  • Periksa lembar fakta obat untuk mengetahui usia di mana obat dapat digunakan.
  • Jangan melebihi dosis yang dianjurkan.
  • Gunakan hanya obat yang sesuai dengan gejala yang Anda tangani.
  • Hubungi dokter jika gejala memburuk atau tidak membaik setelah 2 hari, atau jika batuk berlangsung lebih dari 2 minggu, atau terus kembali.
  • Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan terlebih dahulu jika Anda sedang hamil atau menyusui atau jika Anda sedang mengonsumsi obat resep lain.
  • Jangan pernah memberikan obat kombinasi kepada anak di bawah 4 tahun.
  • Hindari duplikasi bahan jika Anda menggunakan lebih dari satu produk.
  • Gunakan obat kombinasi hanya untuk gejala yang tercantum di lembar fakta obat.

Beberapa obat batuk dan pilek mengandung kodein atau dekstrometorfan,seperti Dextral forte.

Leave a Reply